Skip to content

Kebesaran Allah SWT : Atom

May 19, 2010

Bismillahirrahmanirrahim

Ketika anda memegang pensil, bersalaman dengan teman anda, sensasi yang muncul yang anda rasakan tidak lebih dari hasil interaksi elektron-elektron di dalam molekul-molekul yang terdapat di dalam tangan anda dengan elektron-elektron di dalam molekul-molekul yang terdapat di tangan teman anda, ataupun di dalam pensil. Air yang mendidih di dalam ketel merupakan hasil pergerakan yang sangat cepat dari molekul-molekul air, yang mana molekul-molekul tersebut berubah dari cair menjadi gas akibat dari panas. Semua di dalam alam semesta, besar dan kecil, terdiri dari atom, apa yang kita rasakan sebagai panas dan dingin, merupakan hasil cepat atau lambatnya getaran atom tersebut.

Apa yang membuat atom sangat menakjubkan adalah ukurannya yang sangat kecil dan keistimewaannya. Diameter atom sekitar satu juta millimeter. Untuk memahaminya, apabila 100 juta atom ditaruh sejajar sisi demi sisi maka panjangnya hanya satu centimeter. Semua benda di alam semesta ini terdiri dari atom, bumi, planet, maupun bintang-bintang. Inilah mengapa atom sungguh menakjubkan.
Fakta menajubkan lainnya tentang atom adalah 99.9999999% dari volume atom merupakan ruang hampa!. Volume atom sisanya, kurang dari 0.1% volume atom, terdiri dari proton, neutron, electron, yang mana mereka berubah menjadi bermacam sub-atom. Neutron dan proton terletak di tengah dan sebagai inti atom (nucleus). Volume inti atom adalah 1/10.000.000 dari volume atom. Secara konstan elektron-elektron mengitari (berevolusi) inti atom, yang mana ukuran dari elektron tersebut sangatlah kecil yaitu apabila dilihat dari mikroskop elektron ukurannya tidak lebih besar daripada sebutir debu. Massa elektron adalah 1/1.840 dari massa proton.

Bagian dari atom yang ‘penuh’ tersebut terdiri dari partikel-partikel mikrospkopis. Seandainya, jika kita mampu menghilangkan semua ruang kosong pada atom yang menyusun Gedung Empire State, New York, benda yang tersisa dari gedung tersebut tidak lebih besar dari kotak permen, namun sangat mustahil untuk mengangkat kotak kecil tersebut walaupun dengan alat pengangkut yang paling kuat yang ada di dunia.

Mengapa massa atom tetap sama walaupun semua bagian kosong dihilangkan? Karena massa atau kepadatan atom terletak pada inti atom (nucleus) dan elektron yang menyusun atom. Oleh karena itu, walaupun inti atom dan elektron hanya 0,1% dari volume atom, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa. Diameter atom mungkin lebih kecil dari 1/10.000.000 centimeter, namun partikel sub-atom lebih kecil ribuan kali dari atom itu sendiri. Jika inti atom (nucleus) diperbesar hingga sebesar sebutir padi maka besar atom adalah sebesar stadion sepak bola, sedangkan elektron yang mengitari inti atom tersebut adalah sebesar debu.

Fisikawan Inggris, Sir Arthur Eddington menggambarkan fakta tersebut sebagai berikut :
“Saya duduk diatas sebuah meja, dan menulis. Bagaimanpun, ketika saya menjelaskan bahwa meja “nyata” ini dalam bahasa ilmiah yang saya ketahui, bahwa meja ini adalah “hantu”; faktanya meja ini tersusun dari atom dan atom sendiri hampir merupakan ruang hampa ..”

Fisikawan dan Psikolog, Peter Russel, mengatakan bahwa pada kenyataannya, ukuran 0,0000001% bukan murupakan sebuah materi sebagaimana yang kita ketahui:

“Dengan perkembangan teori kuantum, fisikawan telah menemukan bahwa partikal sub-atom adalah jauh dari padat. Pada faktanya, mereka sama sekali tidak mirip materi – setidaknya, bukan merupakan materi yang biasa kita ketahui. Mereka tidak bias dijepit atau diukur secara tepat. Sebagian besar darinya lebih merupakan gelombang daripada partikel. Mereka mirip dengan sebiji debu, yang tidak tetap. Maka apabila mereka disebut materi, mereka adalah materi yang sangat kecil, ataupun jika ada.”

Oleh karena itu, walaupun kamu merasakan bahwa benda yang kita pegang itu adalah padat, faktanya hanyalah kumpulan ruang hampa. Atom yang disepakati adalah sebagai materi tidak lebih dari gelombang energi dan ruang hampa.

Bagaimana partikel yang sangat kecil dapat dilihat oleh mata telanjang dapat teratur tidak bertubrukan di dalam ruang hampa di dalam atom? Salah satu keistimewaan yang dimilki atom adalah kekuatan dasar yang menyebabkan partikel-partikel tersebut saring menarik dan menolak. Kekuatan dasar atom yang bekerja pada partikel-partikel tersebut menyusun atom, dengan cara yang sama kekuatan yang lebih besar mengatur seluruh keseimbangan alam semesta.

Kekuatan tersebut telah diatur pada tahap sempurna, perubahan kecil akan menyebabkan kemusnahan. Setiap kekuatan tersebut merupakan hasil dari kekuatan Pencipta, yang diatur untuk memenuhi tujuannya masing-masing. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah milik Allah SWT, yang menciptakan alam semesta tanpa cacat. Allah SWT mengungkapkan dalam salah satu firmanNya bahwa Allah SWT yang mengatur segala penciptaanNya di langit dan di bumi, dari kecil hingga yang besar :

…Tidak ada yang tersembunyi bagiNya sekalipun seberat zarrah baik yang di langit maupun yang di bumi, yang lebih kecil dari itu atau yang lebih besar, semuanya (tertulis) dalam Kitab yang jelas (Lauh Mahfuz) – (QS Saba’ 34 : 3).

Wallahu a’lam.

From → Maha Suci Allah

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: